Tertarik Investasi Online dan Pinjaman Modal Usaha UKM?

0
33

Kini mencari dana talangan, seakan semudah membalikkan tangan, pun mencari alternatif / diversifikasi investasi. Bahkan, platform teknologi keuangan (financial technology/fintech) ibarat semut tengah menggerumuti gula. Karena berlomba-lomba ingin mengambil gula tersebut, tak sedikit platform yang tak mengindahkan regulasi-regulasi yang telah ditentukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Korbannya adalah pemberi pinjaman ataupun peminjam. Bahkan, tak sedikit pula yang mendapat perlakuan di luar batas kewajaran saat melakukan penagihan.

Agar tetap terpenuhi dana talangan untuk menutupi kekurangan, atau investasi yang menjadi untung bukan buntung, maka masuk Akseleran saja!

Kenapa?

Mikhail Tambunan, Chief Financial Officer & Co-Founder Akseleran memberikan penjelasannya:

Kenapa Banyak “Korban” Pinjaman Online? Apa Yang Membedakan Aplikasi Pinjaman Online Lainnya Dengan Akseleran?

Pinjaman online yang ilegal dan sempat menjadi viral hingga adanya korban sangat jelas perbedaannya dengan model bisnis yang dijalani Akseleran. Pertama, pinjaman online yang sempat viral, pada umumnya bersifat konsumtif dan biasanya pinjaman ini lebih banyak menimbulkan korban. Alasannya, karena pinjaman konsumtif untuk kebutuhan sekunder. Sementara Akseleran, merupakan fintech Peer-to-Peer (P2P) Lending yang menyalurkan pinjaman produktif. Artinya pinjaman tersebut digunakan untuk menghasilkan lebih dari apa yang sudah dimiliki si peminjam atau untuk mengembangkan usahanya. Kedua, dari sisi nominal, pinjaman online berkisar Rp1 juta – Rp10 juta. Jika Akseleran rata-rata pinjamannya adalah Rp500 juta – Rp600 juta. Kenapa lebih besar? Karena Akseleran memberikan pinjaman untuk usaha. Ketiga, bunga berbanding lurus dengan tingkat risikonya. Pinjaman online konsumtif, risikonya semakin tinggi karena jika peminjam tidak mempunyai pendapatan yang tetap atau rencana bagaimana mengembalikan pinjaman, maka sangat memungkinkan tingkat kegagalan semakin tinggi. Sementara Pinjaman online produktif atau pinjaman usaha, ketika ingin meminjam sudah mengetahui akan digunakan apa ? dan bagaimana mengembangkan usahanya?. Perlu diketahui juga, pinjaman produktif bukan berarti tidak ada risiko sama sekali tetapi risikonya bisa terukur.

Agar Tidak Ada Korban, Bagaimana Cara Penagihan Akseleran ?

Akseleran mempunyai Standar Operasional Prosedur (SOP) mengenai segala hal, salah satunya mengenai penagihan. Akseleran memiliki collection yang ahli dalam bidang collection. Maka jika terjadi keterlambatan H+1 hingga H+90, Akseleran akan melakukan mediasi dan diskusi, kenapa masalahnya? Kenapa terjadi keterlambatan? Apakah disengaja? Atau adanya gangguan dalam usaha?. Tahap selanjutnya meminta komitmen dari peminjam, kapan dan solusinya seperti apa?. Kemudian, Akseleran akan memonitor secara berkala dengan peminjam. Jika sudah 90 hari belum dilakukan pembayaran, langkah selanjutnya adalah akan menunjuk kuasa hukum untuk bisa mengambil langkah selanjutnya. Uniknya portofolio di Akseleran lebih dari 90% beragunan invoice financing. Hal inilah yang membedakan Akseleran dengan perusahaan sejenis.

Prinsip Apa yang Sudah dijalankan Terkait Perlindungan Konsumen?

Transparan. Kenapa? Karena kita menjalankan dua sisi, peminjam (borrower) dan pemberi pinjaman (lender). Akseleran harus transparan menjelaskan diawal, seperti menjelaskan biaya-biaya yang akan timbul ketika borrower ingin meminjam. Lalu menjelaskan apa saja yang harus dilengkapi dan terakhir penjelasan jikalau terjadi keterlambatan membayar, risiko apa yang akan dihadapi.

Akseleran juga menjelaskan secara transparan kepada pemberi pinjaman sejak pertam kali ingin berinvestasi. Seperti menjelaskan biaya-biaya apa saja yang akan dipotong, apabila terjadi keterlambatan pembayaran dari peminjam, Akseleran secara reguler memberikan informasi terkini kepada pemberi pinjaman. lalu menyampaikan informasi terkait masalah pembayaran dan langkah selanjutnya peminjam.

Karena Akseleran sudah memiliki ISO 27001, maka data borrower dan lender di Akseleran, dipastikan datanya aman dan tidak mudah diakses oleh orang yang tidak berhak, sehingga penyalahgunaan data dipastikan tidak akan terjadi.

Anda belum yakin ingin investasi atau pinjam di Akseleran? Saksikan tayangan berikut:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here