6 Tahap Mengatur Rencana Keuangan Terbaik!

0
93
Rencana Keuangan

Investasi adalah hal yang paling penting untuk kamu yang ingin mencapai tujuan finansial. Tetapi, kita juga harus memahami bahwa setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam mencapai tujuan finansial agar dapat mengatur rencana keuangan terbaikmu. Jadi sebelum mencapai tujuan finansial, kamu harus menentukan terlebih dahulu berapa banyak, kapan dan cara untuk dapat mewujudkan tujuan finansial. Menurut seorang financial planner Prita Hapsari Ghozie 6 tahapan ini bisa membantu mewujudkan tujuan finansialmu

1. Tentukan Rencana Keuangan

Rencana Keuangan

Kamu ingin berlibur ke luar negeri dalam waktu 1 tahun, mau beli gadget terbaru 1 tahun lagi, atau mau mempersiapkan pendidikan anak? Dari semua keinginan kamu tersebut kamu harus tentukan kembali apakah kamu ingin menabung atau investasi untuk mewujudkan rencanamu itu?

Dari semua keinginan tersebut, kamu bisa atur keuangannya dengan urutan seperti dibawah ini :

  • Apa wishlist :
  • Biaya :
  • Jatuh Tempo :
  • Strategi Untuk Mencapainya :

Baca Juga : 4 Peluang Investasi Untuk Anak Muda

2. Hitung Kebutuhan Dana

Rencana Keuangan

Setelah selesai menentukan apa saja yang sudah kita rencanakan, waktunya untuk membuat data diatas menjadi kumpulan angka-angka. Dengan dilakukannya perhitungan dana dan angkanya pun sudah jelas, untuk mewujudkan rencana tersebut akan terasa lebih mudah.

3. Membuat Strategi & Rencana

Rencana Keuangan

Jika sudah mendapatkan perhitungan dana, kita bisa melihat ke aset finansial yang kita punya, apakah sudah tersedia atau belum untuk mendukung rencana tersebut. Seperti contoh, kamu yang memiliki rencana untuk menyiapkan dana pendidikan di tahun 2025 untuk anak, sementara di tahun 2018 ini kamu sudah memiliki dana sebesar Rp. 5 juta. Jelas dana tersebut tidak akan cukup untuk biaya pendidikan pada tahun 2025 karena di setiap tahunnya kenaikan biaya pendidikan mencapai angka 15%. Dengan menyadari bahwa dana tersebut tidak akan mencukupi, kamu harus memperhitungkan kembali berapa jumlah dana yang bisa kamu kumpulkan melalui tabungan atau investasi agar mencapai target dengan tepat waktu.

Untuk dapat menghasilkan output yang sesuai dengan harapan, kamu harus menentukan produk keuangan yang sesuai dengan tujuan finansial yang ingin kamu capai.

4. Ketahui Produk Finansial

Rencana Keuangan

Langkah selanjutnya pahami produk finansial yang tersedia di pasaran saat ini. Terdapat beberapa produk finansial yang bisa membantu seperti saham dan obligasi. Selain kedua produk finansial tersebut, alternatif lain yang cukup populer adalah berupa aset fisik seperti emas atau properti. Masing-masing produk finansial ini memberikan imbal hasil dan risiko yang berbeda-beda, sehingga perlu disesuaikan dengan target kebutuhan dana dan sisa waktu yang tersedia dalam mengumpulkan dana tersebut.

Baca Juga : Nih 4 Jenis Investasi Jangka Pendek Untuk Pemula!

5. Implementasikan Rencana

Rencana Keuangan

Rencana keuangan adalah panduan utama untuk dapat melakukan pengelolaan dalam keuangan. Karena itu, setiap rencana harus diimplementasikan langsung dan dibuat action plan atau to do list.

6. Monitor Perkembangan dan Evaluasi

Rencana Keuangan

Setelah melakukan implementasi action plan tersebut, langkah selanjutnya melakukan evaluasi secara berkala. Untuk memonitor perkembangan dan mengevaluasi action plan nya tersebut, perlu dilakukan secara rutin setidaknya 6 bulan sekali untuk melihat kinerja dari investasi yang kita lakukan untuk rencana keuangan tersebut apakah berjalan baik atau tidak. Apabila ternyata tidak berjalan sesuai harapan, bisa jadi kita harus beralih ke produk investasi yang lain.

Untuk membantu mengatur rencana keuangan berjalan sesuai rencana, Akseleran sebagai platform Peer-to-Peer (P2P) Lending memiliki produk layanan investasi yang bisa dimulai dari Rp. 100.000,-. Akseleran bisa menjadi salah satu pilihan produk investasi menarik untuk rencana keuanganmu dengan adanya imbal hasil 18-21% per tahun.

Untuk investor baru di Akseleran, Akseleran akan memberikan saldo awal sebesar Rp. 100.000,- dengan kode referral BLOG100. Dengan modal awal Rp. 100.000,- memulai investasi bisa lebih mudah. Risiko dari dana yang diinvestasikan ke Akseleran diminimalisir dengan adanya penggunaan agunan di lebih dari 98% nilai portofolio investasi pinjaman serta Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk kamu yang tertarik mengenai investasi P2P Lending bisa langsung menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Faizal (+62858-83821591) atau Christopher (+62818-767784) atau bisa via email [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here