Pahami 4 Hal Ini Dalam Portofolio Investasi!

0
279
Portofolio Investasi

Dalam memulai suatu investasi, beberapa dari kalian mungkin sering mendengar portofolio investasi. Portofolio ini adalah aspek yang cukup penting dalam investasi, karena portofolio ini menentukan imbal hasil yang kamu inginkan agar investasi lebih optimal. Dalam portofolio investasi terdapat tiga faktor utama yaitu modal, tujuan dan risiko.

Portofolio dapat dikatakan sebagai suatu kumpulan aset investasi yang bisa berupa saham, emas, deposito, obligasi, properti, dan instrumen lainnya. Selain itu ada lagi yang disebut manajemen portofolio, yaitu cara mengelola kumpulan aset untuk mencapai tujuan investasi. Tujuan investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan risiko seminim mungkin. Karena itu, agar risiko investasi dapat ditekan kamu juga bisa menggunakan diversifikasi investasi dari salah satu teori portofolio.

Pembentukan Portofolio Investasi

Untuk melakukan diversifikasi investasi ke dalam bentuk portofolio, tidak dapat langsung menanamkan investasi ke beberapa instrumen investasi yang berbeda. Tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar instrumen investasi yang dijadikan portofolio investasi dapat menghasilkan imbal hasil yang maksimal. Beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

  • Modal (Capital)

Besar kecilnya modal yang kamu miliki tentu akan berpengaruh terhadap portofolio investasi yang diambil. Semakin kecil modal maka tentunya akan semakin kecil juga kesempatan untuk melakukan mendiversifikasikan investasimu. Selain itu, terdapat batasan dalam pembuatan portofolio sesuai dengan dana yang dimiliki.

  • Tujuan (Objective)

Tujuan melakukan investasi, tujuan memiliki properti, tujuan mempunyai saham dan tujuan membeli obligasi. Dengan berbagai macam tujuan yang berbeda tentu akan menghasilkan portofolio yang berbeda pula. Seperti jika kalian ingin mendapatkan yield investasi tentu akan berbeda secara struktur portofolionya dengan yang bertujuan untuk mendapatkan capital gain.

  • Waktu

Dengan waktu, kamu dapat menentukan berapa lama kamu akan mendapatkan keuntungan dari investasi yang akan kamu lakukan. Apakah pilihan waktu investasi jangka pendek atau pun jangka panjang.

  • Profil Risiko

Secara umum, setidaknya terdapat 3 jenis karakter investor dalam melakukan investasi yaitu moderat, konservatif dan agresif. Ketiga jenis ini memiliki kaitannya dengan profil risiko.

Untuk investor moderat ini merupakan investor yang memiliki toleransi terhadap risiko yang lebih tinggi asalkan keuntungan yang didapat sepadan dan sesuai dengan risikonya. Untuk konservatif biasanya akan berinvestasi dalam instrumen investasi yang pengembaliannya memiliki jangka panjang. Sementara untuk tipe agresif biasanya mereka lebih menyukai tantangan dan menyukai spekulasi mengenai investasi yang memiliki risiko yang tinggi.

Jika kamu sudah memahami 3 jenis karakter investor, maka portofolio yang dibuat akan berorientasi pada kepentingan investor dan sesuai yang kamu inginkan.

Evaluasi Kinerja Portofolio Investasi

Mengevaluasi kinerja portofolio perlu dilakukan untuk melihat apakah portofolio yang kita miliki sudah berjalan sesuai dengan rencana, apakah sudah maksimal atau apakah sudah memberikan keuntungan yang diharapkan?

Setidaknya dengan melakukan evaluasi pada portofolio investasi milikmu kamu akan mendapatkan 3 hal ini:

  1. Untuk menganalisa apakah portofolio milikmu telah berjalan sesuai harapan kamu atau tidak
  2. Untuk dapat mengetahui instrumen investasi mana dalam portofolio milikmu yang memiliki kinerja baik atau tidak
  3. Merevisi investasi dalam portofolio yang berjalan tidak sesuai harapan

Pengetahuan mengenai portofolio investasi ini merupakan hal wajib yang dimiliki para investor atau calon investor baru mengingat banyaknya jenis investasi yang ada. Diharapkan dengan memahami portofolio investasi para investor di indonesia bisa memaksimalkan investasinya dengan berbagai alternatif jenis instrumen investasi..

Untuk memaksimalkan portofolio investasimu kamu bisa mencoba untuk memberikan pinjaman di Peer-to-Peer (P2P) Lending Akseleran. Dengan pemberian pinjaman P2P lending di Akseleran, kamu bisa memiliki alternatif investasi yang mudah, aman dan menguntungkan.

Akseleran merupakan salah satu platform P2P Lending Indonesia yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan investasi P2P lending di Akseleran kamu dapat berinvestasi hanya dengan Rp 100 ribu dan kamu bisa mendapatkan imbal hasil 18-21% per tahun. Khusus untuk kamu, kamu dapat menggunakan kode referral BLOG100 untuk mendapatkan saldo investasi senilai Rp 100 ribu.

Aman Untuk Mulai Memberikan Pinjaman di Akseleran

Akseleran juga terjamin keamanannya, karena sudah terdaftar, diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga sudah sesuai regulasi yang ada. Akseleran juga sudah menggunakan agunan di lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya. Jadi, dengan keamanan ini membuat Akseleran sudah dipercaya lebih dari 111.000 pengguna dan juga telah menyalurkan dana pinjaman usaha lebih dari 200 miliar.

Sekarang udah tau kan banyaknya keuntungan di P2P Lending Akseleran, Jadi tunggu apalagi yuk persiapkan keuangankamu di masa depan dengan Akseleran. untuk kamu yang tertarik mengenai pemberian pinjamanlangsung bisa menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk mengajukan pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Faizal (+62858-83821591) atau Christopher (+62818-767784) atau bisa via email [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here