Persiapkan Pensiun Dini dengan 4 Strategi Ini!

0
56
Pensiun Dini

Banyak yang mulai berpikir bahwa menjadi karyawan hingga waktu pensiun tiba (55-65 tahun) merupakan waktu yang sangat lama. Banyak dari mereka yang sudah mulai jenuh dengan rutinitas sebagai karyawan, karena itu beberapa sudah memikirkan untuk pensiun dini untuk melanjutkan hidupnya sebagai pengusaha. 

Nah untuk kamu yang ingin dan sudah merencanakan pensiun dini, jangan langsung mengambil keputusan tersebut sebelum kamu mengetahui langkah-langkah terbaik untuk kedepannya. Disini kita akan membahas cara-cara dan strategi yang tepat untuk menikmati waktu pensiun dini dengan lebih baik.

Kenapa Banyak Karyawan Ingin Pensiun Dini?

Mungkin alasan setiap orang mengambil keputusan untuk pensiun dini pastinya berbeda-beda. Seperti bosan dengan rutinitas yang ada, tidak memiliki waktu yang berkualitas untuk keluarga tercinta, menjadi pengusaha memiliki prospek lebih baik dan masalah lainnya. 

Dari banyaknya permasalahan ini banyak yang merasa tertekan dan tidak menikmati hidup sedangkan mereka tentu ingin memiliki waktu dengan lebih baik untuk menghabiskan waktunya di rumah. Tetapi ketakutan yang ada membuat mereka berpikir dua kali untuk melakukan pensiun dini.

Sebenarnya pensiun dini dapat dilakukan apabila kamu memiliki strategi dan perencanaan yang matang seperti sebagai berikut:

  • Tentukan Target

Saat berbicara mengenai pensiun dini memang tidak perlu menunggu usia 40 tahun, beberapa juga mungkin ada yang melakukan pensiun di umur belum menginjak 40 tahun.

Namun semakin cepat kamu memutuskan pensiun dini, maka harus semakin optimal kamu memastikan persiapannya. Seperti saat kamu mengajukan pensiun, buatlah rentang waktu untuk mempersiapkannya. Seperti contoh saat ini umur kamu 30 tahun, lalu kamu sudah memiliki rencana di umur 40 tahun untuk pensiun. Maka saat rentang waktu tersebut kamu dapat mengumpulkan dananya dengan lebih baik agar lebih optimal, 

  • Menghitung Total Tagihan

Ini juga hal yang cukup penting dan dipikirkan dengan lebih matang. Jangan sampai kamu memiliki tagihan atau utang saat masa pensiun. Jangan sampai melakukan pembayaran utang tanpa adanya pemasukan yang pasti. Dalam rentang waktu yang telah kamu buat itu pergunakan waktu tersebut juga untuk melunasi tagihan dan utang yang ada. 

Hal ini dilakukan agar ketika kamu pensiun, kamu sudah terhindar dari tagihan dan utang.

  • Menghitung Biaya Hidup

Perencanaan yang perlu dipersiapkan adalah biaya hidup. Biaya-biaya hidup seperti biaya makan, biaya transportasi, biaya utang (jika ada) dan biaya lainnya. Semua dapat kamu perhitungkan kembali setiap bulannya.

Contoh, rata-rata biaya hidup perbulan kamu dan sekeluarga mencapai Rp 6 juta. Apabila terjadi inflasi, maka tentu biaya tersebut akan naik mencapai 7% per tahun sehingga tentunya biaya hidup yang telah kamu persiapkan ini akan meningkat setiap tahunnya

Biaya hidup ini akan sangat-sangat penting untuk dipersiapkan dan diperhitungkan, diperlukan kejelian dalam mengatur keuangan kita agar dana yang kita miliki pengeluarannya lebih optimal. 

Dan satu lagi, kurangi pembelian yang sifatnya tidak terlalu dibutuhkan, gunakan dana yang kamu miliki untuk sesuatu hal yang sifatnya dibutuhkan bukan yang diinginkan.

Baca juga: 6 Tahapan Mudah Untuk Pengelolaan Keuangan!

  • Kelola Pesangon Lebih Optimal

Bagi kamu yang bekerja sebagai karyawan, saat kamu mengajukan pensiun dini kamu akan diberikan pesangon yang hanya diberikan satu kali sebelum pensiun. Namun, ingat!  Jangan menganggap pesangon yang akan kamu dapatkan ini sebagai dana yang tidak terduga sehingga kamu bisa menggunakan sesuka hati untuk kesenangan pribadi.

Kelola dana tersebut dengan lebih optimal, agar dana tersebut terpakai sia-sia. Gunakan dana tersebut untuk membayarkan utang-utang yang ada, atau yang lebih baik lagi yaitu digunakan untuk investasi, agar hasilnya dapat kamu nikmati saat pensiun itu. Hal ini dilakukan agar dana yang kamu miliki dapat berkembang.

Kelola Dana Kamu dengan Melakukan Pendanaan di Akseleran Mulai dari Rp 100 ribu!

Pergunakan dana yang kamu miliki untuk membantu mengembangkan UKM di Indonesia dengan melakukan pendanaan di Akseleran. Selain membantu kembangkan UKM, kamu juga dapat mengembangkan dana milikmu untuk mengoptimalkan dana pensiun dini kamu. Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil 18%-21% per tahun di Akseleran. Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode promo BLOG100. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman kok karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Daftar Akseleran dengan unduh aplikasi Akseleran di Google Play atau Apple App Store

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Omar (+62812-9799-7917) dan Rizky (+62811-1312-309) atau bisa via email [email protected]

Selamat Berinvestasi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here