6 Peluang Investasi yang Terbaik di 2021

6
6385
Peluang Investasi

Investasi, masih menjadi suatu hal yang berat untuk dilakukan terutama untuk anak muda. Mereka berpikir bahwa investasi akan dibutuhkan pada saat mereka sudah merasa mapan dan sudah berkeluarga. Padahal, investasi merupakan suatu hal yang harus dilakukan sejak dini. Peluang investasi yang semakin banyak akan membuatmu mudah dalam menentukan investasi yang cocok untuk kamu.

Dengan semakin awal kamu memulai investasi, maka semakin cepat juga kita bisa mendapatkan keuntungan. Pada usia muda khususnya kamu yang belum menginjak 30 tahun waktu tersebut adalah waktu yang paling tepat untuk mengalokasikan uang kamu ke dalam investasi. Saat belum memiliki keluarga dan belum memiliki tanggungan berbagai cicilan, akan sangat bijak jika penghasilan yang kamu dapatkan dialihkan ke investasi. Mengingat di usia kurang dari 30 tahun, seseorang harus agresif untuk menemukan instrumen investasi yang cocok untuknya.

Pentingnya Melakukan Investasi

Investasi tentunya dapat membuat kehidupan yang lebih lebih baik dalam hal finansial, selain itu dengan pemahaman investasi yang baik juga tentu dapat membuat kemampuan kamu dalam mengontrol keuangan lebih baik.

Nah, maka dari itu bagi kamu yang masih belum yakin untuk mulai melakukan investasi atau pengembangan dana di bawah ini kita akan membahas alasan mengapa kamu harus melakukan investasi, di antaranya yaitu:

  • Dengan memulai investasi, kamu akan mendapat banyak manfaat dalam berbagai bentuk, mulai dari memperoleh harta benda, kekayaan, hingga meningkatkan nilai aset
  • Dapat mencapai kebebasan finansial melalui aset-aset yang dimiliki, tanpa harus bergantung lagi pada penghasilan bulanan
  • Melalui investasi kamu juga dapat terhindar dari laju inflasi yang dapat mempengaruhi berbagai produk yang ada di pasaran
  • Investasi dapat mewujudkan kesejahteraan finansial di masa depan
  • Investasi dapat dilakukan dengan mudah, bahkan dalam nominal yang kecil.

Selain karena beberapa alasan di atas, investasi juga sejatinya penting dilakukan untuk membuat uang yang kamu miliki bekerja. Untuk kalian yang bingung dalam menentukan investasi terbaik di 2021 dibawah ini kita akan bahas mengenai secara lengkap.

Peluang Investasi Terbaik di 2021

Jika di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui pentingnya melakukan investasi, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui daftar peluang investasi terbaik di 2021.

  • Investasi Emas

Peluang investasi yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu investasi yang cukup menguntungkan, emas juga sebagai salah satu barang yang digemari oleh banyak orang membuat investasi ini selalu menjadi pilihan para investor, dengan harga yang setiap tahun harganya relatif naik dan jarang sekali menurun, tetapi bukan tidak mungkin emas juga bisa mengalami penurunan. Emas juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi, dan emas juga cukup aman dan stabil. Pilihan dalam investasi emas ini juga pilihannya banyak bisa berupa emas batangan, koin ataupun perhiasan.

Nilai emas yang selalu meningkat juga membuat investasi jenis ini masih menjadi favorit untuk sebagian orang.

  • Investasi Obligasi

Secara sederhana obligasi merupakan suatu surat perjanjian hutang yang dikeluarkan oleh pihak pertama sebagai pihak yang mengeluarkan obligasi, kepada pihak kedua sebagai pihak pemegang obligasi untuk memanfaatkan dana dari pihak kedua dan mengembalikannya beserta bunga dengan jangka waktu yang telah disepakati. Jika kamu sudah memiliki obligasi, maka kamu adalah orang yang meminjamkan dana milik kamu kepada pihak yang mengeluarkan obligasi. Obligasi bisa saja dikeluarkan oleh pihak manapun, seperti perusahaan, pemerintah daerah sampai pemerintah pusat.

Di Indonesia sendiri obligasi ini ada 3 yaitu obligasi korporasi, obligasi pemerintah dan obligasi ritel. Investasi obligasi ini sangat bagus untuk dicoba, terutama untuk kamu yang memiliki dana yang besar dan tidak terlalu ingin yang risikonya terlalu besar. Tapi harus diingat “high risk high return” begitu pula sebaliknya.

  • Investasi Saham

Jika kamu berinvestasi menggunakan investasi saham secara tidak langsung kamu menjadi “pemilik” dari usaha yang kita beli sahamnya. Dari investasi yang kita lakukan akan mendapatkan 2 jenis keuntungan yaitu capital gain dan dividen. Untuk yang belum mengetahui apa itu capital gain. Capital gain merupakan suatu keuntungan yang akan kamu terima pada saat melepaskan saham ke pasar. Sementara, untuk dividen adalah suatu pembagian keuntungan pemegang saham yang diberikan oleh perusahaan setelah jangka waktunya tercapai. Dividen juga bisa berupa tunai ataupun berupa saham yang bisa meningkatkan saham di perusahaan tersebut.

Biasanya saat sudah melakukan investasi jenis ini kamu bisa hadir dalam beberapa rapat dari pemegang saham. Ini juga akan menambah kesempatan kamu berkumpul dengan mereka yang memiliki wawasan lebih di bidang investasi.

Untuk besaran dari peluang investasi ini sebanding dengan risikonya. Maksudnya pemilik saham tidak akan bisa lepas dari ancaman likuidasi dari suatu perusahaan yang bisa terjadi kapanpun dan capital loss pada saat sentimen pasar memburuk.

  • Investasi Properti

Jika kamu masih muda dan memiliki dana yang cukup berlebih investasi ini adalah pilihan terbaiknya. Selain karena harganya yang relatif tidak pernah turun Properti juga adalah investasi dengan jangka waktu yang panjang artinya untuk anak muda yang sudah mulai memikirkan panjang kedepan tentu investasi ini yang paling menguntungkan.

  • Investasi Reksadana

Investasi reksadana sebenarnya merupakan peluang investasi yang paling tepat untuk para pemula terutama untuk mereka yang belum mengetahui pasar modal. Selain itu, reksadana juga adalah investasi terbaik untukmu yang ingin memulainya dengan modal kecil namun tetap memberikan keuntungan yang maksimal.

Cara kerja dari investasi ini adalah dimana modal yang terkumpul dari mereka yang berinvestasi di sini, lalu akan dikelola oleh seorang Manajer Investasi (MI) profesional, lalu akan diinvestasikan dalam portofolio efek yang menjanjikan.

  • Investasi Deposito

Bagi mereka yang ingin memulai pengembangan dana tentu ingin mencari instrumen yang aman sekaligus menguntungkan. Karena itu, investasi dengan instrumen ini adalah salah satu cara mengembangkan dana yang paling aman sekaligus menguntungkan.

Di masa pandemi seperti sekarang banyak aspek yang terkena dampak dari pandemi ini salah satunya tentu instrumen investasi. Tetapi, investasi yang satu ini memang tidak terlalu terdampak dari pandemi ini karena deposito ini dikelola oleh perbankan serta diawasi ketat dan transparan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berbicara mengenai return memang diantara instrumen yang sudah kita sebutkan di atas deposito adalah yang terendah. Namun, dengan keamanan yang relatif lebih baik dibanding yang lainnya deposito menjadi salah satu pilihan investasi untuk mereka yang risk averse atau mereka yang ingin menjauhi risiko.

Pastikan Untuk Memilih Instrumen Pengembangan Dana yang Cocok Serta Memastikan Risiko yang Ada!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjutdapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here