Macam Macam Asuransi Yang Berkembang di Indonesia

1
3306
Macam Macam Asuransi

Banyaknya macam macam asuransi yang berkembang di Indonesia membuat beberapa orang yang mengenal asuransi sekalipun kebingungan dari manfaat masing-masing asuransi yang ada. Perlu diketahui bahwa asuransi merupakan suatu alternatif investasi yang cukup dalam meminimalisir risiko yang datang tak terduga. Menurut Otoritas Jasa Keuangan asuransi merupakan suatu perjanjian antara penyedia jasa layanan asuransi sebagai penanggung dan masyarakat sebagai pemegang polis. Pemegang polis juga memiliki tanggung jawab untuk melakukan pembayaran sejumlah uang premi kepada pihak perusahaan asuransi. Dengan pembayaran premi tersebut kamu akan mendapatkan proteksi berupa risiko atas penggantian kerugian, kerusakan, kematian atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang dapat terjadi atas peristiwa yang tak terduga.

Selain itu, apabila pemegang polis atau peserta asuransi tertanggung mengalami musibah dan menderita kerugian atau kerusakan seperti yang tercantum dalam polis asuransi milikmu maka kamu dapat mengajukan klaim asuransi. Pada asuransi biasanya penerimanya tidak hanya tertanggung yang namanya tercantum namun sebagai pemegang polis dari perusahaan asuransi tetapi juga dapat orang lain yang ditunjuk langsung oleh yang tertanggung.

Macam Macam Asuransi di Indonesia

Untuk lebih jelasnya berikut kita akan bahas macam macam asuransi yang ada di Indonesia:

  • Asuransi Umum

Asuransi umum merupakan suatu proteksi yang digunakan untuk menghadapi kerugian maupun kehilangan manfaat dan tanggung hukum pada pihak ketiga. Untuk jaminan yang dimiliki pada asuransi umum ini sifatnya jangka pendek, 2 jenis asuransi umum ini juga diantaranya:

  • Asuransi Sukarela

Asuransi ini memiliki sifat sukarela. Pada asuransi ini biasanya juga terbagi menjadi 2 jenis yaitu asuransi yang dijalankan oleh pemerintah dan asuransi yang ditujukan untuk memberikan proteksi kepada seorang atau keluarga serta perusahaan dari adanya risiko kejadian yang tak terduga

  • Jaminan Sosial

Sedangkan untuk asuransi ini sebenarnya wajib untuk setiap masyarakat di Indonesia karena memiliki tujuan sebagai jaminan hari tua. Untuk pembayaran yang dilakukan untuk premi ini sudah diatur artinya wajib pembayarannya, salah satu contohnya yaitu memotong pendapatan bulanan atau gaji seorang pekerja setiap bulan untuk jaminan sosial ini.

  • Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi ini sangat dikenal dan mungkin salah satu asuransi yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Asuransi kesehatan adalah suatu produk asuransi yang menangani masalah kesehatan dan tentunya berguna untuk menanggung biaya dari proses perawatan sakit yang diderita. Biasanya, sakit yang dapat ditanggung oleh asuransi ini seperti cacat, sakit, hingga kematian.

Di Indonesia sekarang banyak asuransi kesehatan yang sudah memberikan pelayanan asuransi kesehatan yang cukup baik seperti Prudential, AIA, Manulife, Allianz dan lainnya.

  • Asuransi Jiwa

Asuransi ini juga mulai dikenal karena kegunaannya yaitu memberikan keuntungan finansial pada tertanggung atas kematiannya. Sistem pembayaran untuk jenis asuransi jiwa ini pun memiliki metodenya beragam. Ada perusahaan asuransi yang dapat menyediakan pembayarannya setelah kematian dan ada pula yang dapat mengklaim dananya sebelum kematiannya.

Asuransi jiwa bisa dimiliki untuk kepentingan diri sendiri dan atas nama yang tertanggung atau kamu juga bisa membeli untuk orang lain/pihak ketiga.

  • Asuransi Kepemilikan Rumah & Properti

Rumah ataupun properti merupakan aset yang nilainya cukup tinggi dan tentunya rumah dan properti mungkin salah satu hal berharga yang kamu miliki, karenanya banyak pemilik rumah atau tanah yang melindungi properti mereka dengan asuransi kepemilikan rumah dan properti. Untuk melindungi rumahnya dari risiko yang ada. Jangan takut untuk membayar premi asuransi untuk mendapatkan manfaat perlindungan untuk istanamu ya.

  • Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan mulai booming saat memasuki era awal 2000 mengingat pada tahun 1998 pasca kerusuhan banyak kendaraan yang menjadi ‘sasaran’ dari peristiwa tersebut, karenanya masyarakat mulai sadar harus memproteksi kendaraannya untuk menghindari hal-hal seperti itu terulang kembali, caranya dengan menggunakan asuransi kendaraan.

Asuransi ini juga merupakan salah satu asuransi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Biasanya mereka yang memiliki kendaraan dan sering menggunakan kendaraan tentu membutuhkan proteksi khusus, fokus dari mereka menggunakan dan membayar asuransi kendaraan ini adalah untuk memproteksi kendaraan yang dimilikinya apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan atau kerusakan dari kendaraan tersebut.

  • Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan fungsinya tidak jauh berbeda seperti fungsi asuransi pada umumnya yaitu memproteksi nasabah dengan jangka waktu sesuai dengan premi yang digunakan. Manfaat dan perlindungan yang dapat diterima dari memiliki asuransi perjalanan yaitu mendapat penanggungan biaya kecelakaan yang menimpa pemilik premi, tanggungan biaya pengobatan, santunan kecelakaan dan kehilangan barang bawaan yang memiliki risiko hilang atau rusak.

Karena itu jika kamu sering berpergian untuk dinas pekerjaan ataupun hal lainnya kamu bisa menggunakan asuransi ini sebagai proteksi saat kamu melakukan perjalanan.

  • Asuransi Pendidikan

Diantara macam macam asuransi diatas mungkin asuransi pendidikan bisa dikatakan asuransi yang paling banyak digunakan oleh para pemegang polis. Dengan memiliki asuransi pendidikan artinya kamu sudah mempersiapkan masa depan anak-anak kamu lebih baik di masa depan. Setiap asuransi biasanya biaya preminya berbeda-beda sesuai dengan tingkatan pendidikan yang didapatkan nantinya.

Baca juga: 5 Hal Kenapa Kamu Harus Memulai Asuransi Pendidikan Anak Sekarang!

Menurut Badan Pusat Statistik pendidikan di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan sekitar 10-20% per tahun, tentu angka ini cukup tinggi. Karena itu hal ini akan sangat memberatkan kita sebagai orang tua apabila kita tidak mempersiapkan asuransi pendidikan sedini mungkin.

Nikmati Imbal Hasil Pendanaan di Akseleran, dan Persiapkan Asuransimu Sekarang!

itulah macam macam asuransi yang berkembang di Indonesia. Kamu dapat mempersiapkan dana asuransimu melalui pendanaan di Akseleran. Akseleran yang merupakan platform Peer-to-Peer Lending (P2P) Lending  merupakan cara terbaik untuk kamu yang ingin mendapatkan keuntungan.  Konsepnya mirip seperti berinvestasi, tetapi di P2P Lending, kamu dapat meminjamkan dana kamu setelah itu kamu akan mendapatkan keuntungan berupa bunga pinjaman.

Akseleran dapat memberikan kemudahan dengan pendanaan awal hanya dengan Rp 100 ribu dan kamu akan mendapatkan imbal hasil rata-rata 18-21% per tahun. Sebagai calon pemberi pinjaman atau lender baru kamu juga akan diberikan dana awal secara gratis senilai Rp 100 ribu dengan kode referral BLOG100.

Sudah Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Akseleran juga sudah terjamin keamanannya, karena sudah terdaftar, diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga sudah sesuai regulasi yang ada. Akseleran juga sudah menggunakan agunan di 98% nilai portofolio pinjamannya.

Daftar Akseleran dengan unduh aplikasi Akseleran di Google Play atau Apple App Store

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Omar (+62812-9799-7917) dan Rizky (+62811-1312-309) atau bisa via email [email protected]

Selamat Berinvestasi!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here