Kata Siapa Dampak Inflasi Negatif Semua? Tenang Ada Sisi Positifnya Kok!

1
19449
Dampak Inflasi

Berbicara mengenai inflasi tentu banyak yang memandang bahwa inflasi adalah suatu hal yang dapat memberikan dampak yang negatif. Padahal inflasi tidak selalu memberikan dampak yang negatif. Jadi sebenarnya dampak inflasi itu positif atau negatif sih?

Inflasi adalah suatu keadaan ekonomi di suatu negara dimana terjadi kenaikan harga barang maupun jasa dalam waktu yang panjang. Sebenarnya banyak hal yang dilakukan terkait upaya untuk menekan inflasi tersebut tetapi upaya-upaya tersebut hanya sebatas pengendalian inflasinya saja.

Karena itu kita akan bahas mengenai dampak dari inflasi baik itu dampak positif maupun dampak negatif.

Penyebab Inflasi!

Inflasi memang tidak muncul begitu saja, munculnya inflasi juga karena beberapa faktor. Secara umum adanya inflasi dikarenakan kenaikan permintaan dan biaya produksi. Di samping itu inflasi muncul karena beberapa faktor diantaranya.

  1. Peningkatan Kebutuhan
  2. Inflasi Dorongan Biaya
  3. Mencetak Banyak Uang
  4. Meningkatnya Harga Rumah

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, bisa dilihat 4 Faktor Penyebab Inflasi di Indonesia.

Dampak Inflasi!

Seperti yang sudah kita bahas di atas inflasi sendiri memiliki dampak positif maupun negatif. Karena itu kita akan membahas dampak dari inflasi ini:

Dampak Negatif dari Inflasi

  • Kreditur

Bagi kreditur tentu dampak inflasi akan sangat terasa. Dengan adanya inflasi tentu nilai uang yang mereka dapatkan akan lebih sedikit dibandingkan saat dia meminjamkannya (saat sebelum inflasi)

  • Orang Yang Berpenghasilan Tetap

Orang-orang yang memiliki penghasilan tetap seperti pegawai baik itu pns atau pegawai swasta akan terkena dampak ini. Dengan adanya inflasi, tentu harga barang-barang akan ikut naik sementara itu untuk mereka yang pendapatan bulanannya yang mereka terima tidak ikut naik. Selain itu, inflasi juga dapat membuat tingkat kesejahteraan rakyat menurun karena daya belinya juga yg ikut turun.

  • Perekonomian Nasional

Salah satu yang akan terkena dampaknya adalah perekonomian nasional, karena beberapa hal di bawah ini:

  • Memburuknya Distribusi Pendapatan

Dari sudut pandang pemerintahan inflasi bisa dikatakan menguntungkan bagi mereka yang memiliki tingkat pendapatan lebih besar daripada laju inflasinya

  • Terganggunya Stabilitas Ekonomi

Inflasi juga dapat menimbulkan terganggunya stabilitas ekonomi. Hal ini dikarenakan saat terjadi inflasi, ada kemungkinan bahwa inflasi akan terus berlangsung hingga menyebabkan harga terus meningkat. Karenanya, para konsumen memutuskan pembelian dengan besar-besaran sebelum harga tersebut meningkat, yang berimbas juga permintaan meningkat.

Di sisi lain, produsen akan menurunkan penawaran, karena saat proses penjualan tersebut inflasi dapat menyebabkan produsen mendapat keuntungan yang lebih besar. Jadi disimpulkan bahwa naiknya permintaan dan turunnya penawaran akan mempercepat laju dari inflasi. Lalu semua itu akan membuat kondisi ekonomi menjadi lebih buruk.

Dampak Positif Inflasi

Mungkin akan terasa sedikit janggal jika inflasi dapat menjadi suatu hal yang positif. Karena itu kita akan bahas mengenai dampak positif dari inflasi.

Berbicara mengenai siapa yang akan merasakan dampak positif dari inflasi, maka jawabannya adalah debitur. Debitur akan mendapatkan keuntungan dengan adanya inflasi, karena uang yang dikembalikan tentu akan mempunyai nilai lebih rendah dibanding saat meminjam.

Selain debitur, para pengusaha pun merasakan dampak positif dari adanya inflasi karena pengusaha mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan biaya produksi yang mereka keluarkan. Apabila harga barang naik (saat terjadi inflasi), maka produsen pun akan terdorong untuk meningkatkan jumlah barangnya. Peningkatan ini yang tentu akan membuat penghasilan produsen juga meningkat terlebih lagi jika barang jual adalah barang yang tergolong sebagai kebutuhan pokok.

So, inflasi tentu memiliki dampak yang positif juga bukan?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here